Dinkes Kendari Siapkan Ratusan Dosis Vaksin Moderna

Metro Kendari

KENDARINEWS.COM — Moderna kini menjadi pilihan alternatif bagi warga metro yang ingin divaksin. Pemkot Kendari telah resmi menambah vaksin asal negeri Paman Sam ini selain sinovac dan astrazeneca. Saat ini, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Kendari telah menyiapkan ratusan dosis vaksin moderna.

Kepala Dinkes Kendari, drg Rahminingrum mengatakan saat vaksin jenis moderna sudah bisa diberikan kepada masyarakat. Akan tetapi, pemberiannya hanya untuk dosis pertama dan kedua. Sementara untuk dosis ketiga (booster), hanya di peruntukkan bagi tenaga kesehatan (nakes).

“Kami kasih pilihan, mau terima vaksin sinovac atau moderna. Tinggal masyarakat yang menentukan. Vaksin ini bisa di peroleh masyarakat di Kantor Dinkes Kota Kendari dan Puskesmas terdekat,” kata Rahminingrum.

Pemberian vaksin moderna sebenarnya sama pentingnya dengan sinovac. Yakni sama-sama menjadi bentuk perlindungan diri terhadap penularan Covid-19. Untuk penggunaannya sendiri sudah melalui pengkajian dan mendapatkan persetujuan dari pemerintah pusat.

“Vaksin jenis moderna ini sangat baik, apalagi vaksin ini tidak menggunakan virus yang dilemahkan, melainkan menggunakan komponen materi genetik yang membuat sistem kekebalan tubuh memproduksi spike protein. Itu akan memicu sistem imun untuk menghasilkan antibodi yang bisa melindungi tubuh saat terinfeksi Covid-19,” kata Rahmingrum.

Ia berharap hadirnya beragam pilihan dosis vaksin tersebut bisa mendorong animo warga untuk berpartisipasi dalam program vaksinasi. Itu penting untuk segera mencapai Herd Immunity sehingga mempercepat penanganan Covid-19. (b/ags)

Vaksinasi Kota Kendari
Sasaran 265.147 Orang
Tervaksin 144.467 Orang (54,49 Persen)
-Nakes 5.568 Orang
-Petugas Publik 42.421 Orang
-Lansia 9.214 Orang
-Masyarakat Umum 65.261 Orang
-Remaja 22.003 Orang
-Gotong Royong 285 Orang

Jenis Vaksin
-Sinovac
-Astrazeneca
-Moderna

Sumber Data : Dinkes Kota Kendari
Diolah Kendarinews.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *