Sulkarnain Kadir : Jaga Kesatuan dan Persatuan!

Metro Kendari


KENDARINEWS.COM — Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir menyerukan kepada seluruh warga metro untuk tetap menjaga kesatuan dan persatuan bangsa. Itu penting dilakukan agar kondisi wilayah tetap kondusif, aman dan tentram. Ajakan tersebut disampaikannya saat menerima kunjungan Taman Pemuda dan Mahasiswa Tolaki (Tamalaki) Sultra.

Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir (tengah) memberi arahan proyek revitalisasi Taman Kota (Tamkot) Kendari atau Taman Kalosara.

Baginya, Tamalaki merupakan elemen penting daerah. Untuk itulah, ia menitip pesar agar Tamalaki menjadi garda terdepan dalam menjaga keamanan dan ketertiban serta mendukung program pembangunan di Kota Lulo. “Kami apresiasi dengan hadirnya anak-anak muda. Mari kita bersama-sama menggalakan pembangunan di daerah ini. Saya yakin sinergi yang terbangun akan membawa daerah ini menjadi lebih baik kedepannya,” ujarnya.

Dalam pertemuan itu, Wali Kota bersama Tamalaki berkesempatan membahas rencana pembangunan Taman Kalosara. Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini pun berharap Tamalaki dapat mengawal proses pembangunannya agar berjalan lancar dan tak menemui kendala yang berarti.

Wali Kota Kendari H. Sulkarnain Kadir

“Ide Taman Kalosara sudah melalui pertimbangan para tokoh adat, tokoh masyarakat, sejarawan (akademisi), termasuk masukan dari masyarakat khususnya adik-adik kita yang tergabung dalam Tamalaki Sultra. Kita akan rampung pada tahun 2022,” kata Sulkarnain Kadir.

“Mudah-mudahan hadirnya Tugu Kalosara sebagaimana maknanya yakni mempersatukan, bisa benar-benar secara filosofis dan implementatif menjadi pemersatu bagi masyarakat kita di Kota Kendari. Sebab, taman kota Kendari ini akan dikembangkan menjadi tempat aktifitas sosial masyarakat,olahraga bahkan ekonomi,” tambahnya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Umum (Ketum) Tamalaki Sultra, Alfian Perdana Saputra Annas menyambut baik rencana Pemkot Kendari yang ingin membangun Taman Kalosara. Menurutnya, rencana tersebut sangat baik karena bisa menjadi wadah bagi masyarakat dalam berinteraksi sosial, menjalin kekerabatan dan persaudaraan. “Pembangunan Taman tersebut bisa menjadi simbol serta objek wisata lintas budaya di Kota Kendari,” kata Alfian. (b/ags)

Pemkot Kendari Bangun Sinergi, Aktif Berorganisasi

Kesibukan sebagai kepala daerah tak membuat Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir dan wakilnya, dr Siska Karina Imran vakum di organisasi. Justru sebaliknya. Duo nakhoda Pemkot Kendari baru-baru ini dipercaya menduduki jabatan strategis di organisasi. Sulkarnain didaulat sebagai anggota kehormatan Forum Komunikasi Putra-Putri Purnawirawan TNI-Polri (FKPPI) Sultra. Sementara Siska didaulat menjadi Ketua Barisan Pemuda Nusantara (Bapera) Kota Kendari.

Menurut Sulkarnain, melibatkan diri dalam sebuah organisasi penting bagi masyarakat dalam rangka membangun interaksi, komunikasi dan sinergi sehingga bisa mewujudkan harapan dan cita-cita bersama. “Kami harap sinergi yang terbangun bisa membantu pemerintah dalam menggalakkan pembangunan di kota ini. Yang terpenting juga bisa menambah semangat solidaritas sesama anggota,” kata Sulkarnain Kadir.

Senada Wakil Wali Kota Kendari, Siska Karina Imran pasca didaulat sebagai Ketua Bapera Kota Kendari Periode 2021 – 2026 mengaku siap menjalankan wadah para pemuda itu. Ia bertekad memajukan organisasi dengan mengajak seluruh pemuda di Kota Kendari untuk bersinergi dengan pemerintah maupun pihak lainnya untuk membangun Kota Kendari.

“Saya yakin pemuda Kota Kendari memiliki semangat kebangsaan yang tinggi. Olehnya itu saya mengajak seluruhnya untuk bersatu dan bersinergi membantu pemerintah dalam membangun daerah yang kita cintai ini,” kata Siska Karina Imran.

Sekedar informasi, Bapera merupakan suatu organisasi sosial kemasyarakatan, yang mana didalam wadah organisasi ini siap bersinergi dengan pemerintah. Meski baru terbentuk, Bapera telah hadir di 34 provinsi di Indonesia. (b/ags)


-Bangun Gedung Pojok Alumni

Pasca didapuk sebagai Ketua Ikatan Alumni (IKA) Fakultas Ekonomi Bisnis Universiras Halu Oleo (UHO), Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir langsung bergerak cepat menyusun struktur organisasi. Bertempat di Kebun Raya Kendari, ia mengukuhkan pengurus organisasi yang berjumlah 125 orang.

Sulkarnain Kadir berharap para alumni bisa berkontribusi membangun organisasi dan bisa membangun sinergi dengan pemerintah daerah (Pemda). Di sisi lain, para alumni juga bisa memaksimalkan seluruh potensi alumni yang tersebar di seluruh wilayah Sulawesi Tenggara (Sultra).

Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir (kanan) berfoto bersama Bupati Muna, Rusman Emba (kiri) yang juga sesama pengurus FKPPI Sultra.

“Alhamdulillah support dari alumni mulai angkatan 1980 hingga sekarang 2021 masih terjaga. Tali silaturahmi tetap terajut dengan baik. Mudah-mudahan dengan pengukuhan ini, pengurus betul-betul memaksimalkan potensi para alumni yang ada,” kata Sulkarnain Kadir.

Sebagai langkah awal, pihaknya bakal melakukan pendataan kepada seluruh alumni yang maaih aktif dan menjalin kerja sama dengan berbagai pihak untuk menjembatani fakultas dengan alumni yang sudah berkiprah di berbagai bidang baik pada pemerintahan dan swasta.

Wakil Wali Kota Kendari, Siska Karina Imran menerima bendera petaka.

Dalam waktu dekat, pihaknya bakal membangun gedung pojok alumni yang berlokasi di FEB UHO. Adapun anggaran yang disiapkan sebesar Rp 500 juta yang bersumber dari alumni. Melalui pojok alumni diharapakan mampu semakin mengeratkan tali silaturahmi antata para alumni.

Selaku Ketua IKA Fakultas Ekonomi Bisnis UHO, Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir (kiri) mengukuhkan jajaran pengurusnya.

“Kita akan bangun pojok alumni di fakultas, supaya alumni-alumni kalau ke kampus tidak nyasar artinya ada tempat nongkrong yang sekaligus digunakan adik-adik mahasiswa yang sementara menjalani perkuliahan di FEB,” kata Sulkarnain Kadir. (b/ags)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *