Ali Mazi Terima Penghargaan Nugra Jasadharma Pustaloka

Sulawesi Tenggara

KENDARINEWS.COM– Meningkatkan minat baca masyarakat melalui optimalisasi perpustakaan terus dilakukan Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra). Bahkan kini, perpustakaan bertaraf internasional dengan nama “Modern Regional Library Sultra”  tinggal menunggu peresmian saja.

Tak tanggung-tanggung, study banding untuk pembangunan perpustakaan itu  dilakukan Gubernur Sultra, Ali Mazi dengan bertandang langsung ke Boston Library dan Harvard University Library untuk melihat tata kelola perpustakaaan kedua institusi itu. 

Atas kerja keras itu, Gubernur Sultra menerima penghargaan Nugra Jasadharma Pustaloka dari perpustakaan nasional. 
Penyerahan Nugra Jasadharma Pustaloka 2021 dikemas dalam konsep hiburan bertajuk Gemilang Perpustakaan Nasional 2021. Gemilang Perpustakaan Nasional menjadi ajang masyarakat untuk mengenali kegiatan Perpustakaan Nasional yang inspiratif, informatif, komunikatif, dan edukatif. 

Kepala Perpustakaan Nasional RI, Drs. Muhammad Syarif Bando mengatakan, Nugra Jasadharma Pustaloka adalah pemberian penghargaan tertinggi dari Perpustakaan Nasional setelah melihat dan mendengar kiprah berbagai tokoh dengan berbagai penilaian dan pertimbangan.  Sebab perpusnas membutuhkan dukungan dan partisipasi aktif dari masyarakat.

Sementara Gubernur Sultra, Ali Mazi mengatakan, dibutuhkan sumber daya manusia yang cakap, tangguh, dan andal untuk mengembangkan perpustakaan. Dari kemampuan mereka, daya jangkau kebermanfaatan perpustakaan dan literasi dapat tersebar hingga ke pelosok negeri. “Namun, kerap kontribusi yang mereka lakukan kurang diapresiasi,” kata Ali Mazi. (Rah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *