Kasus Pandemi Covid-19 di Bombana Melandai


KENDARINEWS.COM — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bombana, di bawah kendali H. Tafdil terus mengejar target vaksinasi 114 ribu warga Bombana. Target tersebut terus diakselerasi agar herd immunity segera terwujud melalui pekan vaksinasi. Dalam pekan vaksinasi keempat ini, Bahkan Bupati Tafdil menargetkan 13.410 orang tervaksin dalam sepekan. Sasaran masyarakat umum, lansia, tenaga kesehatan dan pelayan publik, hingga para remaja se Kabupaten Bombana.

Bagi Tafdil, hanya ada dua cara yang bisa dilakukan agar segera keluar dari kungkungan dari pandemi Covid-19, yakni mematuhi protokol kesehatan (Prokes) dan program vaksinasi. Untuk itu, sosialisasi prokes tak henti-hentinya digaungkan Bupati Tafdil kepada warganya.

Selain itu, Bupati Bombana dua periode ini juga terus mengakselerasi vaksinasi Covid-19. Dinas Kesehatan (Dinkes) Bombana dipacu bergerak cepat melakukan suntikan vaksin kepada warga Bombana dari ibu kota kabupaten, kecamatan hingga kelurahan dan desa melalui program pekan vaksinasi yang diinisiasi pemerintah setempat.

“Berbagai upaya yang telah dan yang akan dilakukan pemerintah untuk menjauhkan Covid-19 dari daerah Bombana tak akan berhasil apabila tidak didukung oleh masyarakat. Untuk itu, tak henti-hentinya saya imbau kepada seluruh warga Bombana untuk patuh menerapkan Prokes serta mengikuti vaksinasi Covid-19,” ungkap Tafdil kemarin.

Kasus pandemi Covid-19 di Kabupaten Bombana terbilang melandai. Bahkan saat ini, Kabupaten Bombana telah menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level dua. Namun, hal ini tidak boleh dijadikan alasan untuk lalai akan seluruh aturan, khsususnya terkait penerapan Prokes serta vaksinasi.

“Target vaksinasi Covid-19 kita itu sekira 114 ribu jiwa. Target ini pun terus digenjot agar bisa segera tercapai. Salah satunya yakni, melalui program pekan vaksinasi yang saat ini kembali berlangsung secara serentak diseluruh kecamatan di Bombana. Untuk itu, program pekan vaksinasi tahap empat ini agar bisa dimanfaatkan oleh masyarakat Bombana yang belum sama sekali mendapat suntikan vaksin maupun yang baru mendapat suntikan dosis pertama agar datang ke posko vaksinasi yang disiapkan di setiap kecamatan,” tutur Ketua DPD PAN Kabupaten Bombana ini.

Sementara itu, Kepala Dinkes Bombana, Darwin menyampaikan, pekan vaksinasi merupakan program yang dihadirkan Pemkab Bombana untuk mengakselerasi vaksinasi Covid-19 secara serentak
di seluruh Kabupaten Bombana. “Pekan vaksinasi tahap empat kembali bergulir secara serentak di masing-masing kecamatan hingga sepekan ke depan,” ungkapnya.

Darwin mengimbau seluruh masyarakat Bombana agar memanfaatkan pekan vaksinasi tahap empat ini. Terlebih lagi, dosis vaksin yang tersedia kali ini cukup banyak. “Target 13.410 orang ini merupakan jumlah dari target vaksinasi tiap Kecematan se Kabupaten Bombana,” tuturnya.

Lanjut dia, suksesnya program pekan vaksinasi Covid-19 baik itu tahap 1,2 dan 3 yang sebelumnya telah berlangsung berkat dukungan dan hasil koordinasi dengan beberapa instansi. Salah satunya Polres Bombana. “Bagi masyarakat yang belum tervaksin agar segera mengikuti vaksinasi ini. Tidak usah takut, vaksin Covid-19 ini halal dan aman serta sudah dibuktikan banyak pihak. Termasuk Presiden hingga kepala daerah,” pungkasnya. (idh/b)

Tinggalkan Balasan