BPJS : Komplain Warga Lebih Karena Belum Paham

Pandawa Bantu Mudahkan Pelayanan

KENDARINEWS.COM — Keluhan sejumlah warga Kota Kendari terhadap layanan “pandawa” akhirnya direspon. Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Kendari menilai komplain warga lebih karena belum memahami. Sebab layanan online BPJS kesehatan tak mengharuskan peserta menghubungi Chika melalui layanan WA termasuk care center.

Humas BPJS Kesehatan Kendari, Wawan Ridwansyah mengatakan layanan Pandawa dimaksudkan untuk memudahkan pelayanan di masa pandemi. Upaya ini dilakukan untuk menghindari kontak dan kerumunan. “Jadi, kita hanya membantu. Hanya saja, belum semuanya warga memahami prosedurnya,” katanya.

Saat masuk layanan pandawa kata dia, mesin penjawab otomatis akan mengirimkan pesan. Isinya, menyampaikan profil singkat pandawa dan jam pelayanan. Dalam pesan itu ditampilkan pula nomor WA layanan Chika dan BPJS kesehatan care center.

“Kekeliruannya, mereka hanya fokus di nomor WA layanan Chika dan care center. Padahal ada tulisan lanjut. Kalau layanan Chika, hanya untuk mengkonfirmasi status keaktifan dan akan dijawab mesin penjawab otomatis. Namun bila berniat memberi pengaduan, tinggal hubungi care center,” jelasnya.

Jika ingin mengakses layanan administrasi, tinggal mengklik tulisan lanjut. Nantinya, petugas akan melayani. Pelayanan diberikan sesuai kebutuhan peserta. “Layanan pandawa ini dimaksudkan untuk memudahkan peserta agar lebih cepat mendapat pelayanan dan informasi sesuai kebutuhan. Tak perlu datang ke kantor lagi, cukup dengan ponsel urusan bisa tuntas,” jelasnya. (b/ndi)

Tinggalkan Balasan