Bendungan Ladongi Siap Diresmikan

KENDARINEWS.COM — Proyek Nasional pembangunan Bendungan Ladongi di kabupaten Kolaka Timur (Koltim) Sulawesi Tenggara (Sultra) yang Bendungan yang dimulai pembangunannya sejak tahun 2016 ini, ditarget rampung akhir tahun 2021. Saat ini, progres pembangunan dilaporkan mencapai 97%.

Hal tersebut diungkapkan Kepala BWS Sulawesi IV Kendari, Dr.Ir. Haeruddin C. Maddi, ST.,M.Si. Dikatakan, pihaknya masih terus berkoordinasi terkait kunjungan tersebut. Belum ada waktu yang ditetapkan. Namun pihaknya diminta bersiap pada minggu ke tiga bulan Oktober. Kini, lanjutnya, pengerjaan bendungan dalam hal ini tahap finishing, makin digenjot. Sehingga akhir tahun 2021 dapat rampung.

“Pengerjaan bendungan Ladongi sudah 97 persen, sekarang sementara perapihan atau finishing. Gardu pandang, lansekapnya. Hidromekanikalnya, instrumennya semua sudah selesai tinggal penyempurnaan saja,” katanya.

Bendungan Ladongi memiliki kapasitas tampung 45,9 juta meter kubik dan luas genangan serta area sabuk hijau sebesar 246,13 hektare. Didesain multipurpose fungsi utama bendungan ini, mengaliri 3.604 Ha daerah irigasi Kecamatan Ladongi, Kabupaten Kolaka Timur dan mengurangi debit banjir dengan volume 132,25 m3/detik.

Tak hanya itu, Bendungan ini juga nantinya akan menjadi sumber air baku sebesar 0,12 m3/detik, pembangkit energi listrik sebesar 1,3 megawatt serta berpotensi untuk dimanfaatkan sebagai destinasi wisata baru di Kabupaten Kolaka Timur.

“Bendungan ini akan dibuatkan juga sejumlah spot wisata. Nantinya bisa menjadi tujuan wisata baru di Sulawesi Tenggara khususnya Kolaka Timur. Kita buatkan juga masjid, museum, ruang perjamuan, kantor pengelola dan lain sebagainya,” ujarnya.

“Pengelolaannya pada kendali BWS Sulawesi IV Kendari sendiri. Dibawah Unit Pengelola Bendungan. Meskipun tetap akan ada ruang yang kita pertahankan untuk keamanan atau safety. karena operasinya bendungan kan 24 jam. Namun tetap ada area area yang bisa dinikmati wisatawan,” tambahnya.

Dengan diselesaikannya Bendungan Ladongi akan menambah daftar bendungan di Sulawesi Tenggara yang selesai dibangun yakni Bendungan Ameroro yang sedang on going serta menyusul pembangunan bendungan baru yakni Bendungan Pelosika. (ndi)

Tinggalkan Balasan