Pengamat: Rusman Emba Mesti Optimalkan Ekonomi Muna

Dr. Najib Husain

KENDARINEWS.COM– Rusman bersama tandemnya Bachrun Labuta resmi naik takhta sebagai Bupati dan wakil Bupati Muna periode 2022-2026. Itu setelah dilantik oleh Gubernur Sultra Ali Mazi bertempat di aula Gubernur, Kamis (2/9).

Pengamat politik dari Universitas Halu Oleo Dr. Najib Husain mengatakan, periode kedua Rusman Emba menjabat Bupati Muna berjejer banyak pekerjaan politik yang mesti dituntaskan. Yang paling vital yaitu persoalan infrastruktur, ekonomi, dan kesehatan. Tiga aspek tersebut harus masuk dalam program prioritas kedepan.

“Saat ini tak sedikit warga Muna yang mengeluhkan adanya kerusakan infrastruktur seperti kerusakan jalan. Ini mesti diselesaikan dengan baik Rusman Emba pada periode kedua memimpin Muna. Jika tidak akan menjadi catatan buruk dan berpotensi mengganggu elektabilitas politik Rusman kedepan,” kata Dr.Najib Husain kepada Kendari Pos, kemarin.

Pada sektor ekonomi Kabupaten Muna, kata dia, sangat dibutuhkan sentuhan terobosan inovatif agar bisa mendongkrak perekonomian masyarakat secara gradual. Banyak potensi yang bisa dikembangkan. Salah satunya potensi pariwisata dan penataan pasar yang baik.

“Kondisi pasar khususnya pasar Laino yang menjadi wahana sentral ekonomi masyarakat Muna mesti lebih ditingkatkan penataannya. Tak jarang pasar tersebut menuai kritik karena penataannya dinilai belum maksimal,” beber Dr. Najib.

Doktor jebolan Universitas Gajah Mada (UGM) itu menambahkan, pada sektor kesehatan juga membutuhkan perhatian serius. Salah satunya perbaikan dan peningkatan penataan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Muna agar lebih berkualitas. Baik dari segi pelayanan, peralatan rumah sakit, infrastruktur, dan lain-lain. Tak kalah pentingnya yakni penataan kota Raha sebagai kota Muna agar lebih indah, teratur, elegant, dan maju.

“Salah satu keunggulan luar biasa Muna yaitu memiliki kekayaan sumber daya manusia (SDM). Namun tak beriringan dengan kondisi daerah. Ini menjadi pekerjaan politik Rusman Emba bersama wakilnya Bachrun Labuta, agar mengoptimalkan potensi SDM yang ada untuk kepentingan kesejahteraan masyarakat dan kemajuan Muna kedepan,” tutup Dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip) UHO. (ali).

Tinggalkan Balasan