Gempa Berpusat di Puuwatu, Tak Berpotensi Tsunami

KENDARINEWS.COM — Kota Kendari diguncang gempa berkekuatan 3,6 magnitudo sekitar pukul 15.50 Wita. Gempa itu cukup membuat heboh warga metro. Pasalnya, goncangan sangat terasa. Tak heran, warga berlarian keluar rumah atau mencari daerah yang lapang untuk menyelamatkan diri.

Berdasarkan rilis Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), episenter gempa terletak pada koordinat 3.97 Lintang Selatan (LS), 122.47 Bujur Timur (BT) atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 0.5 kilometer Tenggara Puuwatu. Titik gempa berada di kedalaman 5 kilometer.

Kepala Stasiun Geofisika Kendari, Rudin mengatakan gempa yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal. Hal ini disebabkan aktivitas sesar Kendari segmen North di Tenggara Puuwatu. Dari hasil pemodelan, gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami.

“Gempa dirasakan warga Kendari dengan intensitas III – IV MMI. Namun hingga kini, pihaknya belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. Sampai pukul 16.10 Wita, BMKG menunjukkan belum terjadi aktivitas gempa bumi susulan,” jelasnya.

Ia mengimbau kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Di sisi lain, hindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan gempa.

“Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yg membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke dalam rumah. (mal)

Tinggalkan Balasan