Wakatobi Wave 2021, Bakal di gelar Bulan November

KENDARINEWS.COM– Tahun ini Wakatobi Festival and Expo atau yang biasa dikenal dengan Wakatobi Wave bakal diselenggarakan. Jika tahun 2020 lalu agendanya terpaksa tidak direalisasikan akibat pandemi covid-19, salah satu festival terbesar di Wakatobi ini akan dilaksanakan pada bulan November mendatang. Mengingat Wakatobi Wave telah ditetapkan sebagai satu dari sebanyak 83 even yang masuk dalam Kharisma Even Nusantara (KEN) tahun 2021.

Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menyebut meski anggarannya masih menunggu konfirmasi dari pusat melalui proposal yang diusulkan, namun untuk saat ini Wakatobi Wave sudah mendapatkan dukungan dana melalu Aanggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2021. Bahkan akan ditambah melalui APBD perubahan.

“Alhamdulillah hasil presentase kita terkait even Wakatobi Wave oleh kurator dinilai layak dan terpilih sebagai salah satu dari 83 even yang masuk dalam KEN. Juga telah dilounching oleh bapak presiden pada bulan April lalu. Untuk jadwa kita masih konsisten sama seperti tahun-tahun sebelumnya yakni pada tanggal 13-15 November mendatang,” ucap Nadar.

Kendati demikian, jadwal tersebut masih menunggu kepastian dari pusat. Apalagi saat ini proposal terkait anggaran hingga agenda yang akan dihelat pada momen ini masih sementara diusulkan. “Kita masih menunggu hasil proposal kita di Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenpar). Barulah kita akan tahu anggaran dan agenda apa saja yang dihelat karena memang ini merupakan tanggungjawab pusat yang mengikat,” beber Nadar.

DOKUMEN :Wakatobi Wave 2015

Di lain sisi, untuk kegiatannya tentu sudah ada penegasan dari Kemenpar agar selalu mematuhi protokol kesehatan (prokes) covid-19. Serta masalah kepastiannya juga akan sangat ditentukan oleh persoalan perkembangan pandemi. “Selain dari pusat ada juga dukungan dari daerah yang telah kita alokasikan melalui APBD tahun ini. Dan akan kita optimalkan lagi melalui APBD perubahan,” tutupnya. (thy)

Tinggalkan Balasan