Empat Bulan, Disdukcapil Kolut Proses 19.768 Dokumen Kependudukan

Kolaka Utara

KENDARINEWS.COM — Dalam kurun waktu Januari hingga April 2021 lalu, pihak Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) telah menangani pengurusan 19.768 dokumen. Jumlah itu diperoleh melalui pengurusan warga di kantor maupun jemput bola di lapangan. Kepala Disdukcapil Kolut, Buhari, menjelaskan, jenis dokumen kependudukan itu merupakan gabungan dari proses perekaman dan pencetakan kartu tanda penduduk elektronik (KTP-el), kartu keluarga (KK), kartu identitas anak (KIA) hingga akta kelahiran. Ia mengaku, pihaknya dapat memproses dokumen kependudukan lebih banyak berkat metode jemput bola dan melakukan perekaman ke sejumlah kecamatan.

“Masyarakat senang karena tidak perlu berurusan di kantor, kami yang berkunjung ke tempatnya. Terbanyak cetak KTP-el,” ujar Buhari, Kamis (6/5). Untuk total KTP yang tercetak dalam kurun empat bulan terakhir sebanyak 5.391, KIA 4.147, KK 4.318 dan akta kelahiran sejumlah 1.619. Hanya saja, untuk proses perekaman saat ini terhambat karena kerusakan alat dan dalam proses penggantian. “Kita upayakan tersedia secepatnya. Paling lambat usai Idul Fitri,” janjinya.

Dalam empat bulan terakhir, proses perekaman KTP-el mampu dilakukan sebanyak 2.124 kali. Tiap hari, pihaknya menangani antara 118 hingga 209 dokumen. “Kami berupaya untuk mengejar target-target yang ditentukan untuk setiap jenis pengurusan admistrasi kependudukan. Pelayanan terbuka setiap hari untuk masyarakat sebagai bentuk kesiapan kami melayani mereka,” pungkas Buhari. (b/rus)

Pencetakan Dokumen Kependudukan sejak Januari-April :

  • KTP-el : 5.391 keping
  • KIA : 4.147 keping
  • KK : 4.318 lembar
  • Akta kelahiran : 1.619 lembar
  • Termasuk dokumen lainnya
    *) Proses perekaman terhambat karena kerusakan alat dan dalam proses penggantian.
  • Perekaman KTP-el mampu dilakukan sebanyak 2.124 kali
  • Tiap hari antara 118 hingga 209 dokumen

Tinggalkan Balasan