Kemen-PDTT dan Komisi V Bakal Kunjungi Mutiara

Muna
Kepala Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja Kab. Muna Fajaruddin Wunanto

Kawasan Transmigrasi Percontohan Nasional

KENDARINEWS.COM—Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi bersama Komisi V DPR RI dijadwalkan melakukan kunjungan kerja ke Kab. Muna, Senin, 5 April mendatang. Kunjungan tersebut dilakukan untuk meninjau pengembangan kawasan transmigrasi Muna Timur Raya ( Mutiara) yang telah menjadi percontohan nasional.

Kepala Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja Kab. Muna Fajaruddin Wunanto menerangkan kunjungan Kemen-PDTT akan diwakili Direktur Jenderal Pembangunan dan Pengembangan Kawasan Transmigrasi, sedangkan Komisi V akan diwakili Wakil Ketua Ridwan Bae. Lokasi kunjungan akan dipusatkan di unit pemukiman transmigrasi (UPT) Raimuna, Kecamatan Maligano.

“Rombongan rencananya akan start di Kendari kemudian menuju Amolengo sampai Maligano via darat,” jelasnya.

Fajar menerangkan, kunjungan tersebut menjadi bentuk keseriusan pemerintah pusat untuk mengembangkan kawasan transmigrasi di Muna Timur dengan konsep pembangunan trans science tekhnopark. Model pembangunan itu akan menjadikan Muna Timur sebagai kawasan Transpolitan pertama di Indonesia.

“Kawasan Mutiara kan sudah ditetapkan sebagai daerah transmigrasi prioritas dan percontohan nasional. Bahkan sudah masuk dalam rencana pembangunan jangka menengah nasional 2019-2024,” tambahnya.

Selain melakukan peninjauan, Kemen-PDTT dan Komisi V DPR RI juga akan menyerahkan program rehab fasilitas umum, peningkatan air bersih, jalan dan drainase. Ia melanjutkan, secara umum kawasan Mutiara memiliki lima UPT diantaranya Langkoroni, Pohorua, Labunia. “Kawasan itu akan dikembangkan secara berkelanjutan dan multisektor. Mulai dari infrastruktur sampai pertanian,” imbuhnya. (Ode)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *