Metro Kendari

2021, Sultra Cerdas Tetap Jadi Prioritas

KENDARINEWS.COM — Komitmen Ali Mazi-Lukman Abunawas (AMAN) terhadap sektor pendidikan terus ditunjukan. Pada tahun 2021, Sultra Cerdas masih menjadi program prioritas Pemprov Sultra. Program ini tak hanya melekat di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) namun juga di Biro Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setprov Sultra. Kepala Dikbud Sultra, Asrun Lio mengatakan Sultra Cerdas akan tetap dilanjutkan dan menjadi prioritas. Hanya akan ada sedikit perubahan mekanisme. Diantaranya, berkaitan dengan pemberian bantuan pada jenjang perguruan tinggi. Bila sebelumnya menjadi gawean Dikbud Sultra, tahun 2021 bakal melekat pada bagian Biro (Kesra).

“Sama halnya dana BOS untuk SD dan SMP penata usahaanya akan ada di Kesra. Tetapi untuk tingkat SMA,SMK dan SLB penata usahaan untuk dana BOS tetap di Dikbud Sultra,” jelas Asrun Lio kepada Kendari Pos. Program lainya seperti SK honorer sambungnya, tetap akan ada. “Jadi memang tak ada yang hilang. Untuk program-program yang menjadi prioritas AMAN yang baik dan memberi manfaat untuk masyarakat khususnya dalam lingkup pendidikan akan tetap kita lanjutkan,” ujarnya.

Jelang akhir tahun, pihaknya memastikan perubahan perilaku pada dunia pendidikan. Di mana baik guru maupun siswa harus menyadari pentingnya menjaga kesehatan. “Sebab kita akan memasuki proses belajar mengajar tatap muka pada semester depan dan salah satu syaratnya adalah sekolah sudah harus siap dengan enam daftar ceklis yang telah ditetapkan Dikbud Sultra. Bagi dunia pendidikan kesehatan dan keselamatan peserta didik itu adalah hal yang utama,” tegasnya.

Bulan Januari 2021, Pemprov mulai memberlakukan proses belajar mengajar (PBM) tatap muka. Untuk setingkat SMA, SMK dan SLB, izinnya diberikan langsung gubernur. “Jadi, sekolah harus memenuhi syarat yang telah ditetapkan jika ingin memperoleh izin,” katanya. Bukan itu saja, di periode 2021 masih banyak hal terkait dunia pendidikan yang akan menjadi fokus Dikbud Sultra, hal ini guna peningkatan kualitas pendidikan di Sultra. Sebab saat ini setiap tahun itu terus meningkat.

“Jadi kita harus terus optimalkan. Terlebih selama periode tiga tahun kita terus meningkat mutu pendidikan dimana 2018 kita berada di posisi 27, sementara di 2019 kita sudah berada di posisi 17 dan tahun 2020 kita sudah masuk 10 besar. Ini akan kita tingkatkan lagi di 2021,”tutupnya. (c/rah)

Program Sultra Cerdas

  1. Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud)
    Pemberian Bantuan Pendidikan Setingkat SMA, SMK dan SLB
    Penataan Dana BOS Setingkat SMA, SMK dan SLB
  2. Biro Kesejahteraan Rakyat (Kesra)
    Pemberian Bantuan Pendidikan Jenjang Perguruan Tinggi
    Penataan Dana BOS Setingkat SD dan SMP
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru

To Top