Metro Kendari

2021, Pemkot Target 50 Persen Warga Tervaksin

KENDARINEWS.COM — Pemkot Kendari berkomitmen menyukseskan program vaksinasi covid-19. Salah satu upaya yang dilakukan yakni dengan memperluas cakupan vaksinasi hingga ke masyarakat. Tahun ini, Pemkot menargetkan sebanyak 50 persen warga metro bakal menerima suntikan vaksin bermerk sinovac itu.

Upaya ini diharapkan mampu membentuk Herd Immunity (kekebalan kelompok) sehingga mempercepat penanganan covid-19. Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir mengungkapkan, berdasarkan hasil diskusi ilmiahnya bersama beberapa pengambil kebijakan ditingkat pusat dan pakar kesehatan menyimpulkan bahwa pemerintah tak terkecuali Pemkot Kendari harus menuntaskan program vaksinasi minimal setengah dari populasi yang ada.

“Artinya kalau setengah sudah divaksinasi berarti setengah dari populasi kita sudah punya herd imunity. Sehingga ini perlu kita capai. Kalau sudah 50 persen dari populasi itu, maka bisa kita memulai aktivitas secara normal. Ini berdasarkan hasil diskusi kemarin,” kata Sulkarnain Kadir. Oleh karena itu, Sulkarnain menekankan jajarannya untuk intens mensosialisasikan program vaksinasi kepada masyarakat, sehingga mereka bisa teredukasi dan mau menerima tambahan imunitas tubuh tersebut, “Harapannya tidak ada lagi yang percaya dengan hoaks, tidak ada lagi yang termakan isu, yang termakan propaganda-propagamda yang tidak bisa dipertanggungjawabkan terkait vaksin ini,” kata Sulkarnain.

Politisi PKS Sultra ini menambahkan, vaksin sinovac sudah direkomendasikan para ahli dalam hal ini orang-orang yang berkompeten dibidangnya. Misalnya Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dan Majelis Ulama Indonesia (MUI) yang menyatakan vaksin halal dan aman untuk digunakan. “Kalau ada pihak yang bisa menawarkan cara yang lebih baik dan efektif, yang lebih murah tanpa resiko untuk menghadapi pandemi covid 19 maka saya ikut. Tapi kita tahu bersama, saat ini vaksin yang lebih menjadi solusi yang paling memungkinkan untuk kita tempuh,” pungkasnya. (b/ags)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terbaru


To Top