Kolaka Utara

2021, Pemkab Kolut Fokus Pulihkan Ekonomi


KENDARIPNEWS.COM — Wabah Covid-19 yang memberi dampak pada para pelaku usaha di Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) juga turut andil pada berkurangnya sektor pendapatan daerah. Makanya, Wakil Bupati (Wabup) Kolut, H. Abbas, menyampaikan, arah kebijakan anggaran secara umum pada 2021 mendatang akan difokuskan pada pemulihan sektor-sektor perekonomian.

H. Abbas

“Pemulihan ekonomi telah menjadi bagian yang sangat penting, sehingga beberapa waktu lalu pembahasannya diprioritaskan dalam kerangka makro RKPD 2021 mendatang. Memang perlu melakukan penyesuaian terkait strategi dan kebijakan pembangunan daerah tahun 2021 serta sinkronisasi dengan kebijakan pusat,” katanya, kemarin. Abbas memprediksi, belanja daerah pada tahun depan akan terjadi penurunan, khususnya dalam pos belanja langsung. “Tahun 2020 memang dianggarkan lumayan besar sekitar Rp 508 miliar atau naik Rp 8,6 miliar dari 2019 dengan pertimbangan adanya penerimaan CPNS dan Bansos terkait Covid-19. Tapi tahun depan diproyeksi menurun,” kata Kolut-2 itu.

Meski demikian, dari segi penerimaan secara umum akan terjadi peningkatan. Berdasarkan proyeksi, pendapatan asli daerah (PAD) akan masuk Rp 44,9 miliar, dana transfer Rp 685,8 miliar atau terjadi peningkatan sebesar Rp 69,1 miliar. Yang akan disesuaikan, jelas Abbas, yakni penerimaan daerah sesuai kondisi, termasuk dana transfer dari Kemenkeu. Abbas berharap kondisi ekonomi Kolut semakin membaik dan perlahan berangsur pulih meski dunia usaha masyarakat luas saat ini masih dibayang-bayangi wabah pandemi virus corona.

Sekadar diketahui, saat ini Pemkab Kolut masih memberikan keringanan pada para pelaku usaha untuk menangguhkan pembayaran pajak 10 persen hingga Desember mendatang. Mereka diharapkan bisa memulihkan usaha pasca ramai memilih menutup lapak sejak virus corona mewabah. (c/rus)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top