Metro Kendari

2.180 Nakes Kota Kendari Sudah Divaksin, 810 Batal

KENDARINEWS.COM — Dinas Kesehatan Kendari berupaya meningkatkan cakupan pemberian vaksin dosis kedua kepada para tenaga kesehatan (nakes). Upaya tersebut diharapkan mampu mempercepat pembentukkan antibodi yang optimum supaya memberikan perlindungan yang maksimal kepada nakes. Selasa (23/2), sekira 103 nakes menerima suntikan vaksin sinovac dosis kedua. Lokasi penyuntikkan tersebar di seluruh fasilitas kesehatan (faskes) milik Pemkot Kendari yakni 15 puskesmas dan satu rumah sakit (PMCC RSUD Kendari).

Kepala Dinkes Kendari, drg Rahminingrum, mengungkapkan pemberian dosis kedua kali ini merupakan tindak lanjut dari pemberian vaksin sebelumnya. Tujuannya untuk memaparkan kembali molekul antigen pada patogen virus, sehingga memicu sistem kekebalan.

Ia mengungkapkan, hingga saat ini jumlah nakes yang menerima suntikan sinovac dosis kedua tercatat sebanyak 2.180 nakes dari 4.151 nakes (52,52 persen). Sementara nakes yang batal divaksin tercatat sebanyak 810 orang. Sisanya sekira 1.161 orang masih dalam proses persiapan menerima dosis kedua.

“Memang capaian vaksinasi masih minim. Tapi kami selalu berupaya agar bagaimana cakupan vaksinasi di Kota Kendari bisa mendekati 100 persen. Bagi nakes yang batal divaksin kedepan akan dilakukan peninjauan kembali untuk memastikan bahwa benar nakes tersebut tidak masuk dalam kategori penerima vaksin,” pungkasnya. (b/ags)

Program Vaksinasi
Jumlah Nakes 4.151 Orang
Terima Suntikan Kedua 2.180 Nakes
Persiapan Suntikan Kedua 1.161 Nakes
Nakes Batal Divaksin 810 Orang

Lokasi Penyuntikan
15 Puskesmas
PMCC RSUD Kendari

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

To Top