Metro Kendari

18 Pejabat BKKBN Sultra Berganti

KENDARINEWS.;COM — Sebanyak 18 jabatan stuktural dan fungsional di lingkup Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Sultra resmi berganti. Pengukuhan pejabat baru ini digelar di aula BKKBN Sultra, Selasa (29/12). Pengambilan sumpah jabatan ini dilakukan langsung Kepala BKKBN RI, dr Hasto Wardoyo melalui video teleconfren.

Kepala BKKBN Sultra, Asmar mengatakan rotasi dan mutasi merupakan hal yang biasa. Upaya ini tak lain untuk memacu kinerja para ASN. Dengan begitu, bisa tercipta daya saing dalam meningkatkan kinerja dalam pencapaian indikator dengan lebih baik, cepat dan tepat.
“Selasa (29/12) merupakan pelantikan kedua yang dilakukan di lingkup BKKBN setelah Juli lalu. Di mana dari semua pegawai eselon III dan IV sudah fungsional semua kecuali sekretaris dan kasubag kepegawaian. Ini bagian dari penyederhanaan birokrasi,” ujar Asmar saat acara pelantikan.

Penyederhanaan birokrasi di lingkungan BKKBN Sultra tahun 2020 lanjut Asmar, dilakukan secara besar-besaran. Birokrasi yang panjang dipangkas dan eselonisasi disederhanakan. Makanya, eselon IV dijadikan dua level saja yang berbasis keahlian dan kompetensi. “Dalam pelaksanaan tugas berdasarkan keterampilan dan keahlian yang bersifat mandiri, bekerja secara fungsional membutuhkan kesungguhan dan efisiensi waktu. Akuisisi, kompetensi, dan profeisian, tak cukup berhenti pada kompetensi sesuai prosedur tapi efisien,” jelasnya.

Jabatan fungsional kata dia, bakal menjadi favorit sebab memiliki banyak kelebihan-kelebihan. “Pertama, mereka bisa lebih fokus. Kedua, bisa lebih mengasah keahlian. Intinya, kita bisa langsung melibatkan diri dalam hal melayani masyarakat, melayani teman-teman. Dari sini kita bisa memangkas birokrasi,” bebernya. (b/rah)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

To Top