Buton Utara

140 Perangkat Adat Bharata Kulisusu Ditetapkan

KENADARINEWS.COM–Kabupaten Buton Utara (Butur) sudah berusia 13 tahun. Daerah yang dijuluki Lipu Tinadeakono Sara itu disebut sebagai Bharata Kulisusu saat menjadi bagian dari Pemerintahan Kesultanan Keraton Buton. Pemkab Butur telah menetapkan, perangat lembata adat Bharata Kulisusu.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Butur, Harlin Hari, menguraikan Bupati Butur Ridwan Zakariah telah meneken surat keputusan nomor 136 tahun 2021 tentang penetapan perangkat lembaga adat Sara Bharata Kulisusu. Anggotanya berjumlah 140 orang. La Ode Ahlul Muhsafi didaulat sebagai ketua lembaga adat. “Surat Keputusan telah diserahkan langsung oleh Wakil Bupati Butur, Ahali,” katanya, kemarin.

Harlin Hari menambahkan, peran lembaga adat Bharata Kulisusu sangat urgen dalam mendukung eksistensi program pembangunan kebudayaan dan mendukung pelestarian tradisi adat budaya di daerah. “Lembaga adat memiliki tugas dan tanggung jawab dalam Bharata Kulisusu ,” tambahnya.

Mantan Kepala Perpustakaan Butur itu berharap, lembaga adat Bharata Kulisusu terus bersinergi dengan organisasi perangkat daerah yang ia pimpin dalam melestarikan budaya.

“Butur sangat kental dengan budayanya yang beragam. Ini terus dilestarikan kepada generasi selanjutnya,” tandasnya. (had/b)


Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

To Top