Kolaka Utara

125 Kelompok Tani di Kolut Ikut Bimbingan Lanjutan

KENDARINEWS.COM — Sebanyak 125 kelompok tani yang terdaftar dalam program rural empowerment and agricultural development scaling up initiative (Readsi) tahun ini mengikuti bimbingan lanjutan pasca menjalani sekolah lapang (SL). Mereka diagendakan melakukan pertemuan sebanyak empat kali dengan topik berbeda-beda. Sekretaris Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kolut, Ngatimo, menjelaskan, bimbingan lanjutan untuk mengetahui sejauh mana petani memahami dan mampu mengaplikasikan paket teknologi yang dianjurkan. Begitu juga dengan produksi tanaman yang diperoleh juga menjadi catatan untuk mengukur tingkat keberhasilannya.

“Dijadwalkan empat kali pertemuan untuk 125 kelompok tani. Baik petani padi, jagung, kakao hingga hortikultura,” ujarnya, Kamis (6/5). Ngatimo menjelaskan, pertemuan pertama dari bimbingan lanjutan itu akan membahas terkait pengolahan dan pembersihan lahan, kedua menyangkut pemeliharaan tanaman, ketiga panen dan terakhir pasca panen tanaman. Tahap akhir tersebut dikatakan untuk mengetahui lebih lanjut apakah hasil panen tanamannya sesuai yang diharapkan. “Termasuk bagaimana pemasarannya,” sambungnya.

Dari 125 kelompok tersebut memang didominasi petani kakao yang berjumlah 64 kelompok, 7 petani padi, 22 petani jagung dan 18 tanaman hortikultura. Program yang telah berjalan sejak tahun 2018 lalu tersebut dimulai pada proses administrasi dan penetapan lokasi tanam, sosialisasi teknik dan cara budi daya pada 2019. Memasuk tahun 2020, kelompok tani diberikan bantuan sarana produksi. Dana disiapkan pemerintah dan pemilihan alat dan pembelian dilakukan petani. Program ini tuntas pada 2022 mendatang dan merupakan tahapan evaluasi. (b/rus)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top