Muna

123 Desa di Muna Sudah Terima Dana Covid-19

KENDARINEWS.COM — Perang terhadap wabah covid-19 menjadi fokus pemerintah. Tak heran, alokasi anggaran diprioritaskan untuk penanganan pandemi covid-19 termasuk melalui Dana Desa (DD). Tahun ini, sebanyak 123 Desa di Muna tercatat sudah menerima dana penanggulangan Covid-19 sebesar 8 persen dari nilai pagu anggaran DD-nya. Sementara satu desa masih terkendala secara teknis.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Muna, Rustam menerangkan penanggulangan Covid-19 tahun ini masih menjadi prioritas pemerintah yang wajib diatensi hingga tingkat desa. Makanya alokasi dana desa tahun 2021 salah satunya juga diarahkan untuk biaya penanggulangan pandemi tersebut. “Biaya untuk pandemi ditetapkan delapan persen dari total pagu. Itu wajib dianggarkan,” jelasnya.

Kendati demikian lanjutnya, penggunaan dana Covid harus disesuaikan dengan status zonasi yang telah ditetapkan Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 di kabupaten. Pasalnya, status zona setiap desa akan berdampak pada item penggunaan dana atau belanja. “Maksudnya ialah antara zona merah, kuning dan hijau akan berbeda perlakuan terhadap anggarannya. Terkait perbedaanya itu nanti diatur dalam petunjuk teknis yang dikeluarkan pusat,” papar Rustam

Pengelola dana Covid setiap desa kata dia, akan dilakukan oleh satuan gugus tugas setempat. Salah satu item kegiatan penanggulangan itu misalnya ialah mendukung gerakan vaksinasi. “Kita berharap dana itu digunakan sebaik mungkin untuk menekan penyebaran pandemi,” imbuhnya. (c/ode)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top