Metro Kendari

12.428 UMKM di Kendari Sudah Terima Bantuan PEN

KENDARINEWS.COM — Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir memastikan penyaluran bantuan presiden produktif usaha mikro kecil (BPUM) di Kota Lulo sudah berjalankan sesuai prosedur. Sebanyak 12.428 pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) telah menerima bantuan stimulus Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) tersebut. Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini mengaku sangat berhati-hati dalam mengajukan nama-nama penerima bansos tersebut. Sehingga bisa dipastikan penerima bantuan adalah mereka yang membutuhkan atau pelaku UMKM yang terganggu usahanya akibat pandemi covid-19.

“Setelah didata oleh Dinas Perdagangan, itu langsung diusul ke pusat. Bantuannya pun langsung ditransfer ke rekening masing-masing penerima. Adapun yang belum menerima bukan karena ada kesengajaan. Melainkan ada persoalan administrasi yang harus dilengkapi oleh penerima di bank penyalur,” kata Sulkarnain Kadir. “Berdasarkan info yang saya dapatkan, nama yang kami usul sudah ada dananya direkeningnya. Sebagian juga sudah cairkan. Yang belum itu harus menghubungi bank penyalur,” tambahnya.

Terpisah, Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi (Disdagkop) UKM Kendari Muhammad Saiful, mengungkapkan dari 16.191 pelaku UKM yang diusul mendapatkan BPUM, tercatat hanya sekira 12.428 yang terverifikasi oleh pemerintah pusat. Kesemuanya itu lanjut dia, telah menerima bantuan sebesar Rp 2,4 juta melalui rekening masing-masing. Saiful merinci, penerima BPUM di BRI terdiri dari kantor cabang BRI Samratulangi sebanyak 5.170 calon penerima sudah disetujui, yang sudah menarik ini 3.401, di BRI By Pass 5.502 yang disetujui pusat yang sudah memanfaatkan kurang lebih 4.000 orang dan di BNI telah tersalurkan semuanya sebanyak 1.756 nasabah.

Menurut Saiful, jika ada pelaku UKM yang sudah tercover namun belum dapat menarik dananya, disarankan untuk mengkonfirmasi bank penyalur. Pasalnya, berdasarkan informasi yang didapatkannya dari perbankan bahwa gagal transaksi disebabkan beberapa persoalan kelengkapan administrasi. Diantaranya, ada form pernyataan yang harus mereka tanda tangani, kemudian penerima harus mengikuti mekanisme internal bank seperti pengecekan lapangan untuk memastikan bantuan yang diberikan sesuai untuk peruntukkannya. (b/ags)

Penyaluran Banpres
Usul 16.191 UKM
Terverifikasi 12.428 UKM
Besaran Bantuan Rp 2,4 Juta PerUKM

Penyalur BPUM di Perbankan
BRI Samratulangi 5.170 Calon Penerima Telah Disetujui
Menarik Dana 3.401 UKM
BRI By Pass 5.502 Calon Penerima Telah Disetujui
Menarik Dana 4.000-an UKM
BNI 1.756 UKM Telah Tersalurkan

Penyebab BPUM Tak Cair
-Masih Ada Form Pernyataan yang Belum Ditandatangani
-Penerima Belum Mengikuti Mekanisme Internal Bank
(Pengecekan Lapangan dan Lainnya)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

To Top