Kolaka Utara

11 Perahu Bantuan Diserahkan ke Nelayan

KENDARINEWS.COM — Bupati Kolaka Utara (Kolut), Nur Rahman Umar telah menyerahkan 11 perahu bantuan kepada kelompok nelayan. Armada itu diharapkan mampu memberi nilai tambah terhadap pendapatan dan hasil tangkapan. Kepala Bidang Perikanan Tangkap Dinas Perikanan Kolut, Askar, merinci 11 perahu tersebut meliputi 8 unit berkapasitas mesin 2 gross tonage (GT), dua unit 3 GT dan satu unit berkekuatan 4 GT. Untuk 2 GT dan 3 GT tersebut bersumber dari dana alokasi khusus (DAK) dan 4 GT dari dana alokasi umum (DAU). “Sisa satu yang belum dibagikan dan masih di Desa Pitulua karena menunggu mesinnya dipasang berkekuatan 3 GT,” rinci Askar.

Untuk perahu 2 dan 3 GT dilengkapi alat tangkap berupa gilnet, boks pendingin dan fish finder. Sementara untuk 4 GT dikemukakan tanpa gilnet namun ada genset untuk penerangannya. “Bupati sudah menyerahkan langsung namun hanya secara simbolis di rumah jabatannya,” sambung Askar. Selain itu, ia mengaku ada juga bantuan lain berupa pengadaan alat tangkap, gilnet dan pancing rawe untuk 10 kelompok nelayan. Meski tidak merinci lebih jauh jumlah besarannya namun semua telah diserahkan ke masing-masing penerima.

Ada banyak permohonan yang diajukan untuk kelompok nelayan dalam upaya mendongkrak hasil produksi. Akan tetapi pengadaan itu masih terbatas karena terkendala anggaran yang minim. Ia berharap yang telah disalurkan bisa dijaga dan dimanfaatkan sebaik mungkin. “Bantuan tidak selalu ada. Harap dijaga. Karena kadang juga ada nelayan, jika mengalami kerusakan sedikit saja dalam pemakaian minta bantuan lagi,” ungkapnya. (c/rus)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

To Top