Metro Kendari

105 Masjid di Kendari jadi Percontohan

KENDARINEWS.COM — Masjid tidak seharusnya dijadikan tempat ibadah semata. Namun harus menjadi pusat perkembangan peradaban masyarakat, khususnya pemeluk Agama Islam. Untuk itulah, Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir terus mendorong kemandirian masjid. Dari 600 masjid di Kota Kendari, 105 diantaranya telah memenuhi kriteria untuk dijadikan percontohan. Penetapan ini bukan tanpa dasar. Sebelumnya, Pemkot melalui Bagian Kesra bersama Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kota Kendari telah melakukan seleksi. Dari 160 Masjid yang mengajukan diri menjadi masjid percontohan, hanya 105 masjid penuhi syarat.

“Kami terus mengupayakan agar masjid di Kota Kendari bisa tumbuh dengan baik bahkan bisa menjadi mandiri. Maksudnya mereka yang sudah mapan dan mandiri bisa membantu masjid lain yang ada di sekitarnya sehingga bisa sama-sama tumbuh,” kata Sulkarnain Kadir. Dengan terpilihnya masjid percontohan, diharapkan rumah ibadah tidak lagi hanya digunakan sebagai tempat beribadah umat muslim semata, namun bisa dijadikan sebagai tempat berlangsungnya aktivitas sosial, edukasi bahkan aktivitas ekonomi keummatan. Sehingga, Masjid percontohan akan menjadi pusat perkembangan peradaban masyarakat, khususnya pemeluk agama Islam di Kendari.

Terpisah, Kabag Kesra Pemkot Kendari Abdul Rauf mengatakan sebanyak 105 masjid terpilih semuanya mewakili 65 kelurahan dan 11 kecamatan di Kota Kendari. Penetapannya sendiri dilakukan tim seleksi dari DMI oleh KH. Mursyidin (Ketua MUI Sultra). Adapun dua dari 105 Masjid yang ditetapkan sebagai masjid percontohan adalah Masjid Agung Al Kautsar dan Al – Alam Kendari.

“Masjid percontohan akan menjadi rujukan atau penggerak aktivitas kerohanian di setiap kelurahan setempat. Perlu dipahami, masjid yang tak masuk dalam program ini bukan berarti tak representatif dalam menunjang aktivitas peribadatan. Hanya memang, aktivitas di 105 Masjid percontohan relatif lebih baik karena akan terus kita monitoring bersama tim dari Kemenag Kendari,” pungkasnya. (b/ags)

Hasil Seleksi Pemkot-DMI dan MUI
600 Masjid
160 Masjid Ajukan Diri
105 Masjid Percontohan

Masjid Tak Hanya Tempat Ibabah
Namun Sarana Pendidikan dan Pembentukan Mental
Aktifitas Sosial dan Ekonomi Umat
Mapan Mandiri dan Membantu Masjid Lain
Pusat Perkembangan Peradaban Masyarakat

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

To Top