Aneka

10 Cara Meruqyah Diri

KENDARINEWS.COM– Manusia pasti selalu merasakan keresahan dan ketidaktenangan dalam hidupnya, entah disebabkan oleh masalah yang menumpuk maupun disebabkan oleh penyakit, gangguan jin dan setan.

Untuk membersihkan tubuh manusia secara rohani dari gangguan jin maupun setan salah satunya dengan cara ruqyah.

Ruqyah adalah metode penyembuhan dengan bacaan dan doa tertentu pada orang sakit akibat sengatan hewan, bisa, sihir, rasa sakit, kerasukan jin, dan lain sebagainya.

Ruqyah dibagi menjadi dua jenis yaitu ruqyah Syariah dan ruqyah syirkiyah. Ruqyah Syariah menggunakan bacaan doa dan dzikir dari ayat Alquran sebagai perantara menyembuhkan. Sedangkan ruqyah syirkiyah dilakukan dengan menggunakan mantra atau jampi-jampi.

Menurut agama Islam, ruqyah bisa dilakukan oleh ahli yang dikenal sebagai peruqyah. Namun bisa juga dilakukan dengan cara mandiri, karena Islam sudah memberitahukan tata caranya.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut 10 cara meruqyah diri sendiri dengan bacaan doa dan bantuan media lainnya.1 dari 5 halaman

1. Niat dan Kemantaban Hati

Sebelum melakukan ruyah diri sendiri, alangkah baiknya Sahabat Dream memahami makna ruqyah dengan benar dan cara apa saja yang bisa dilakukan. Pastika dulu tujuan ruqyah dan jangan sembarnagan melakukannya.

Hal paling awal sebelum meruqyah diri sendiri adalah harus niat dan memantabkan hati. Tanpa niat yang mantab dari hati aktivitas meruqyah diri sendiri akan sulit berhasil. Mantapkan niat di dalam hati dan jangan lupa untuk selalu berdoa memohon petunjuk dari Allah Swt.

2. Berwudu

Jika Sahabat Dream sudah memantabkan niat di dalam hati, cara meruqyah diri sendiri selanjutnya adalah dengan berwudu. Lakukan ruqyah ini dalam kondisi yang suci dan bersih, kenakan pakaian yang jauh dari najis supaya ruqyah sesuai dengan ajaran Rasulullah Saw.2 dari 5 halaman

Ilustrasi

3. Sholat Taubat dan Sholat Hajat

Cara meruqyah diri sendiri yang ketiga adalah dengan melaksanakan sholat taubat. Sholat sunnah ini dikerjakan untuk memohon ampunan Allah Swt atas segala dosa yang telah dilakukan. Kerjakan sholat taubat dan sholat hajat masing-masing dua rakaat untuk memohon ridha Allah, supaya ruqyah diri sendiri bisa berhasil dengan baik.

4. Baca Ayat Alquran

Cara meruqyah diri sendiri selanjutnya adalah dengan membaca ayat-ayat Alquran tertentu dengan mengusapkan kedua tangan ke seluruh tubuh sebagai perlindungan atau anggota tubuh yang sakit untuk penyembuhan.

Berikut ayat tertentu yang dibaca saat kamu hendak meruqyah diri sendiri:

  • Membaca basmalah ‘Bismillahirrahmannirrahim’ sebanyak tiga kali.
  • Membaca ayat kursi.
  • Membaca Surat AL Fatihah.
  • Membaca surat Al Ikhlas.
  • Membaca Surat Al Falaq.
  • Membaca Surat An Naas.
  • Baca doa ‘Aku berlindung dengan keperkasaan Allah dan kekuasaan-Nya dari kejelekan yang aku rasakan dan yang aku khawatirkan.’

5. Membaca Doa Tertentu

Untuk meruqyah diri sendiri khusus penyembuhan penyakit, tambahkanlah doa berikut:

‘Hilangkan penyakit ini wahai Penguasa Manusia. Sembuhkanlah, Engkau Maha Penyembuh, tidak ada kesembuhan kecuali penyembuhan-Mu, obat yang tidak meninggalkan penyakit’.

Doa itu pernah dibacakan oleh Rasulullah Saw ketika mengobati seseorang yang terkena bejana pada tangannya.

6. Gunakan Media Air

Ruqyah bisa dilakukan dengan menggunakan media lain, seperti air, minyak zaitun dan daun bidara. Walau menggunakan media lain, pembacaan ayat-ayat Alquran dan doa tetap harus dilakukan.

Misalnya dengan menggunakan air putih yang terlebih dahulu diberi bacaan doa. Air putih yang diberi bacaan doa, jauh lebih bermanfaat untuk melindungi tubuh.

Ilustrasi

7. Pakai Minyak Zaitun

Minyak zaitun tidak hanya baik untuk kesehatan karena kandungan alami di dalamnya. Minyak zaitun juga bisa digunakan sebagai media ruqyah, seperti yang dilakukan Rasulullah. Jangan lupa untuk membaca doa sebelum mengusapkan minyak zaitun ke bagian tubuh yang akan diruqyah.

8. Menggunakan Daun Bidara

Cara meruqyah diri sendiri di rumah dengan menggunakan media lain, bisa memanfaatkan daun bidara. Seperti yang diriwayatkan Muslim 3/47-48, Rasulullah bersabda, “ Mandikanlah dia 3, 5, atau 7 kali, atau lebih dari itu. Jika kalian memandang perlu, maka pergunakan air daun bidara,” ketika memandikan puterinya.

Caranya:

  • Ambil 7 helai daun bidara atau kelipatannya, tumbuk hingga halus, campurkan dengan air seember kecil.
  • Aduk dengan tangan yang bersih sambil membaca doa di atas.
  • Pakai airnya untuk mandi atau semprotkan ke seluruh dinding rumah.

9. Ruqyah dengan Debu

Cara meruqyah diri sendiri selanjutnya adalah dengan menggunakan debu. Caranya: ambil ludah di ujung jarimu, letakkan di tanah yang bersih. Kemudian letakkan campuran ludah dan tanah di bagian luka sambil membaca doa di atas dan ditambahi doa berikut:

“ Bismillah, dengan nama Allah, debu tanah kami dnegan ludah sebagian kami semoga sembuh orang yang sakit dari kami dengan izin Rabb kami.” (HR Bukhari)

10. Ruqyah Sebelum Tidur

Cara meruqyah diri sendiri yang dilakukan sebelum tidur adalah sebagai berikut:

  • Gabungkan kedua telapak tangan kamu seperti ketika sedang berdoa.
  • Bacakan Surat Al Ikhlas, Al Falaq, dan An Naas.
  • Selepas membaca surat tersebut, tiupkan ke kedua telapak tangan dan usapkan ke seluruh tubuh dimulai dari wajah hingga tubuh bagian depan.
  • Ulangi sebanyak tiga kali. (net)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top