Hukum & Kriminal

1.280 Napi Dapat Remisi Idul Fitri, Dua Orang Langsung Bebas

KENDARINEWS.COM — Sebanyak 1.280 narapidana mendapat kado istimewa jelang hari raya Idul Fitri 1442 hijriah. Usulan remisi yang diajukan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kanwil Kemenkumham) Sultra telah mendapat persetujuan. Kini, tinggal menunggu Surat Keputusan (SK) dari pusat.

Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadivpas) Kemenkumham Sultra, K.H. Muslim mengatakan, dari 1.280 narapidana yang diusulkan pada Idul fitri 2021 ini. Terdapat dua warga binaan dinyatakan RKII atau habis masa hukumannya, setelah mendapat remisi. Dua orang yang langsung bebas itu dari Rutan Kelas IIB Raha serta Rutan Kelas IIA Kendari.

“Warga binaan yang diusul mendapat remisi bervariasi mulai dari 15 hari, satu bulan hingga dua bulan. Alhamdulillah kita sudah tuntaskan kemarin pengusulannya. Sekarang sisa menanti instruksi dari pusat dalam hal ini menunggu SK dari pusat semoga sudah bisa kita umumkan sebelum atau saat Idul fitri 2021,” ungkapnya.

Napi yang akan menerima remisi kata dia, tersebar di delapan UPT. Yakni, Lapas Kelas IIA Kendari 345 orang, Lapas Kelas IIA Baubau 306 orang, Lapas Perempuan Kelas III Kendari 52 orang. Kemudian, LPKA Kelas II Kendari 43 orang, Rutan Kelas IIA Kendari 201 orang, Rutan Kelas IIB Kolaka 112 orang, Rutan Kelas IIB Raha 133 orang, Rutan Kelas IIB Unaaha 88 orang. Total narapidana yang mendapatkan remisi tersebut, kebanyakan dari napi tindak pidana umum. Sementara, napi tindak pidana korupsi hanya satu orang yang mendapatkan remisi.

“Kita tegaskan remisi adalah pengurangan menjalani masa pidana yang diberikan kepada narapidana dan anak yang memenuhi syarat dalam ketentuan perundang-undangan. Maka dari itu, seluruh napi yang kita usulkan agar memanfaatkan haknya dengan baik. Jaga sikap jangan melakukan hal hal yang bisa membuat hak kalian dicabut,” pungkasnya. (b/ndi)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top