Metro Kendari

1.137 Paket Sembako Tersalurkan, Wali Kota Tuntaskan Penyaluran ZIS

KENDARINEWS.COM — Pemkot Kendari melalui Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) telah merampungkan penyaluran zakat, infak dan sedekat (ZIS) tahun ini. Secara keseluruhan, sebanyak 1.137 paket sembako diberikan kepada para lansia yang terdampak Covid-19. Kemarin, merupakan hari terakhir penyaluran. Tepatnya di Kampung Salo Kecamatan Kendari. Wali Kota Kendari, H Sulkarnain Kadir berharap bantuan ZIS yang bersumber dari Aparatur Sipil Negara (ASN) Lingkup Pemkot Kendari dan masyarakat umum bisa mengurangi beban masyarakat yang terdampak Covid-19, terkhusus bagi para lansia yang sudah tidak bisa bekerja dan hanya mengharap belas kasih sesama.

“Pandemi Covid-19 adalah momentun bagi kita untuk berlomba-lomba berbuat kebaikan. Saya mengajak kepada seluruh masyarakat yang mungkin memiliki rezeki yang berlebih agar sekiranya membantu warga disekitarnya yang benar-benar mengalami kesulitan dan membutuhkan bantuan,” kata Sulkarnain.

Wali Kota mengapresiasi usaha dan kerja keras pengurus Baznas Kota Kendari. Menurutnya, tanggungjawab yang diamanahkan kepada lembaga amal pemerintah itu sangat besar dan tidaklah mudah. “Alhamdulillah, Baznas Kota Kendari memiliki orang-orang berpengalaman dan berintegritas. Mereka paham zakat harus dikelola secara profesional untuk dipertanggungjawabkan, tidak hanya di dunia tapi juga di akhirat. Kita patut apresiasi,” kata Sulkarnain.

Ia berpesan kepada pengurus Baznas Kota Kendari untuk tidak berlama-lama menyimpan dana zakat. Jika terhimpun segera disalurkan agar masyarakat bisa segera menerima bantuan tersebut. Dia pun menghimbau kepada seluruh ASN di lingkup Pemkot Kendari untuk menyalurkan zakatnya melalui di Baznas Kota Kendari. “Sebenarnya zakat itu bisa diserahkan langsung kepada penerimanya dari yang membayar atau mengeluarkan zakat, tetapi sering kali metode tersebut tidak terbagi rata zakatnya, tapi kalau kita serahkan kepada lembaga terpercaya yang memiliki kredibilitas bagus maka akan kebagian semua,” kata Sulkarnain.

Ketua Baznas Kota Kendari, Alimuddin mengatakan penyaluran bantuan sembako di Kelurahan Kampung Salo merupakan rangkaian pembagian sembako yang telah direncanakan Baznas Kota Kendari tahun ini sebanyak 1.137 paket. Rinciannya, tahap pertama telah tersalur sebanyak 676 paket sembako di 8 kecamatan dan tahap kedua, telah tersalur sebanyak 461 paket di 3 kecamatan salah satunya di Kelurahan Kampung Salo ini.”Penyalurannya bertahap dalam rangka mematuhi protokol kesehatan. Hari ini (kemarin) kami salurkan 16 paket di Kampung Salo tepatnya di RT 1/RW 2. Mudahan-mudahan bantuan ini bisa membantu,” tuturnya. (b/ags)

Penyaluran ZIS
-Anggaran Rp 1 Miliar
-Berupa 1.137 Pakel Sembako dan Uang Tunai
-Santunan kepada 187 Fakir Miskin
-Pemberian Modal usaha Bagi 136 Warga

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top