46 Desa di Konawe Berstatus Tertinggal

KENDARINEWS.COM– 46 dari 291 desa di Kabupaten Konawe masih berstatus tertinggal. Ini akan menjadi catatan tersendiri bagi pemerintah daerah dibawah kepemimpinan Bupati Kery Saiful Konggoasa, untuk menggenjot agar status itu naik menjadi wilayah berkembang.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Konawe, Keni Yuga Permana, mengaku optimis, kondisi itu bisa di capai, apalagi progres Pemerintah Kabupaten (Pemkab) mengalami peningkatan signifikan, dalam hal program pembangunan di tingkat desa. Plus, tahun ini ada pula tiga desa yang menyandang predikat desa maju.

“Ini merupakan target dari Pemkab Konawe bagaimana kita melaksanakan pendampingan terhadap para kepala desa (Kades). Mudah-mudahan diakhir masa kepemimpinan Bupati, Kery Saiful Konggoasa, status desa tertinggal di Konawe sudah tidak akan ada lagi,” ujarnya, Selasa (28/6).

Keni menuturkan, pihaknya secara perlahan-lahan akan memberikan intervensi pendampingan bagi para Kades agar dalam proses perencanaan dana desa (DD) bisa memenuhi tiga indikator IDM. Mulai dari masalah ketahanan sosial, ketahanan ekonomi hingga ketahanan lingkungan.

Keni Yuga Permana menambahkan, ketiga indikator IDM tersebut harus saling mendukung satu sama lain. Sehingga ketika dilakukan penilaian (skoring), desa tersebut telah sesuai ambang batas yang disyaratkan. Dengan begitu, sudah dapat dikatakan keluar dari status desa tertinggal maupun sangat tertinggal.

Skoring IDM itu, sambungnya, disurvei oleh tenaga pendamping serta beberapa perangkat desa. Termasuk Kadesnya sendiri untuk memberikan informasi yang jelas mengenai keadaan wilayah.
(kn)

Tinggalkan Balasan